Januari 09, 2012


Tulisan ini merupakan salah satu tulisan yang tercecer yang saya temukan, karya salah seorang siswa SMA Negeri 1 Jayapura yang cukup berprestasi (enggan di publish namanya tetapi tak keberatan jika tulisannya di publish). Tulisan ini dibuat sekitar empat tahun yang lalu.

SMANSA JAYAPURA
TETAP UNGGUL DAN NOMOR SATU

Motto ‘Aku Unggul dan Nomor satu’ yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Jayapura saat ini seakan tenggelam dan hanya sebuah angan-angan belaka dalam beberapa tahun belakangan ini khususnya di mata masyarakat awam. Apalagi setelah terjadi skandal video mesum, membuat citra SMA terpopuler se_papua ini, semakin tercoreng.
Namun jika ditelusuri lebih dalam, terutama pihak internal dan fakta yang terjadi disekolah ini, sebenarnya motto SMANSA JPR sangatlah tepat dan benar-benar menunjukkan kualitasnya sebagai sekolah terunggul se_papua. 
      Hal ini dapat dilihat dari prestasi akademik maupun non akademik para siswa dan tenaga pengajar SMA Negeri 1 Jayapura. Dibandingkan dengan beberapa sekolah yang mengatakan diri mereka sebagai ‘sekolah berprestasi se-papua’ ataupun ‘skala internasional’, bahkan mendapatkan perlakuan khusus dari PEMDA setempat, akan tetapi sekolah tersebut hanya bisa mencapai prestasi akademik tanpa non akademik, prestasi akademik itupun masih diragukan akan kebenarannya. Bukankah makna ‘unggul dan berprestasi’ itu mencakup segala hal baik akademik maupun non akademik???


Prestasi akademik SMA Negeri 1 ini sekalipun jarang menyabet juara 1, tetapi mampu membuat SMA lainnya menjadi minder dan ciut nyalinya setiap kali kehadiran SMA 1 JPR dalam berbagai kompetisi seperti kompetisi akademik MIPA dan kompetisi olahraga.
Selain itu juga prestasi non akademik SMA 1 JPR pun patut diacungkan jempol terutama dalam bidang Basket dan Voli, tidak jarang SMA 1 mengikuti kompetisi Basket ataupun Voli mewakili provinsi Papua.
Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak internal SMA 1 JPR, bahwa tidak jarang setap kali diadakan lomba, kompetisi, ataupun olympiade tingkat kota, SMA 1 JPR ‘selalu mendapatkan informasi paling terakhir’ tepatnya satu atau dua hari sebelum hari pelaksanaan kompetisi tersebut dibandingkan dengan sekolah lain yang telah diberitahukan informasi jauh-jauh hari (sebulan) sebelumnya. Hal ini umumnya terjadi pada kompetisi akademik.  Meskipun begitu bukan berarti SMA satu ini lalu patah arang, justru sebaliknya dengan keadaan seperti itu SMA 1 JPR  semakin menunjukkan taringnya sebagai sekolah yang unggul dan tetap nomor 1 dengan menyabet juara, walaupun terkadang bukan juara pertama tapi hal itu membuktikan akan kesiapan SMA 1 JPR dalam segala hal. Bahkan kata seorang guru dalam sebuah kompetisi akademik “belajar semalam aja bisa dapat juara 2, gimana kalo belajar sebulan seperti sekolah lainnya???"
      Kemampuan SMA Negeri 1 Jayapura dalam bersaing di berbagai bidang kompetisi menunjukkan akan kualitas pengajar maupun siswanya. Hanya saja disayangkang bahwa hal-hal tersebut sangat jarang ter-publish, entah mengapa media lebih suka mem-publish hal-hal negative sehingga memberikan pandangan orang awam bahwa SMA Negeri 1 sebagai sekolah ‘Trouble maker’ tapi sebenarnya itu hanyalah sebagian kecil, selebihnya SMA Negeri 1 Jayapura tetap mampu untuk mempertahankan dan bertanggungjawab terhadap motto almamaternya AKU UNGGUL DAN TETAP NOMOR 1”

Sumber: Catatan Siswa SMA N 1 Jayapura Angk. 2006

Siapapun yang memiliki tulisan ini, pastilah sangat bangga dengan SMA N 1 Jayapura, semoga saja saat ini SMA ini tetap unggul sesuai dengan mottonya.
Specially for Alumni, Siswa, maupun Calon Siswa SMA Negeri 1 Jayapura

AKU UNGGUL DAN TETAP NOMOR 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar