Agustus 28, 2012

Apa itu Tapak???



1.      PengertianTapak
Kata dasar “TAPAK”; tapak tangan (palm of the hand), tapak kaki (foot sole, foot print),tapak besi/kuku kuda (horse-shoe), tapak catur (of chessboard),dll.
TAPAK artinya “SITE”; site planàrencana tapak.
Tapak merupakan sebidang lahan atau sepetak tanah dengan batas-batas yang  jelas. Sebuah tapak tidak pernah tidak berdaya tetapi merupakan sekumpulan jaringan yang sangat aktif yang terus berkembang, yang jalin menjalin dalam perhubungan –perhubungan.
Jadi pengertian “TAPAK” cukup luas, dan sangat tergantung dari kontekstual permasalahan yang dibahas.
n  Perencanaan Tapak (site plan); adalah berkaitan dengan tahap proses perancangan landskap, melibatkan beberapa bagian antara lain penataan guna lahan, akses, sirkulasi, privasi, keamanan, drainase, dll. Dilakukan dengan menyusun elemen-elemen lahan,tanaman,air, bangunan dll. (http//www.wikipedia.com). Pengertian tsb di atas menurut ahli Landscaper (ahli lansekap).
n  Perecanaan Tapak; adalah analisis fisik dan non fisik kota untuk membuat desain rencana tapak dalam kawasan fungsional tertentu maupun skala kota (http/www.google.co.id).
n  Perencanaan Tapak (site plan); adalah seni menata lingkungan buatan manusia dan lingkungan alamiah, guna menunjang kegiatan manusia. Pengkajian perencanaan tapak (site planning) sering tersusun dalam dua komponen yang berhubungan, yaitu faktor lingkungan alam dan faktor lingkungan buatan manusia (http//staffsite.guna darma.ac/id) menurut Felicity Brogden,1985.
n  Perancangan Tapak (landscape site planning), di dalamnya juga tercakup lansekap design, merupakan usaha penanganan tapak (site) secara optimal melalui proses keterpaduan penganalisaan dari suatu tapak dan kebutuhan program penggunaan tapak, menjadi suatu sintesa yang kreatif, menurut Ir.Rustam Hakim,MT,IALI,
n  Perencanaan Tapak, adalah suatu proses yang kreatif yang menghendaki kemampuan pengolahan dar pelbagai faktor-faktor kemungkinan.Hal ini melibatkan lokasi,penempatan dan perhubungan dari seluruh elemen-elemen tapak.
n  Perencanaan Tapak, meliputi seni dari perencanaan ruang-ruang terbuka,perancangan bangunan, perancangan jalan dan jalur-jalur lintasan lainnya, menurut Unterman.R & Robert Small,1986.
n  Perencanaan Tapak (site planning) : Seni menata lingkungan buatan & lingkungan alamiah guna menunjang kegiatan manusia. Pengkajian perencanaan tapak (site planning) sering tersusun dalam dua komponen yang berhubungan, yaitu factor lingkungan alam dan factor lingkungan buatan manusia.
n  Perencanaan tapak juga dapat diartikan sebagai pengolahan fisik tapak untuk meletakkan seluruh kebutuhan rancangan di dalam tapak.Perencanaan tapak dilakukan dengan memperhatikan seluruh kondisi tapak dan kemungkinan dampak yang muncul akibat perubahan fisik diatasnya.
Tujuan dari perencanaan tapak adalah agar keseluruhan program ruang dan kebutuhan-kebutuhannya dapat diwujudkan secara terpadu dengan memperhatikan kondisi; lingkungan alam, lingkungan fisik buatan, dan lingkungan social disekitarnya. Menciptakan ruang lahan / tapak sebagai wadah kegiatan manusia agar tercapai ruang nyaman,  aman, sehat & estetis.

2.      Contoh-contoh Pemanfaatan Perencanaan Tapak
a.       Berbagai Contoh Tapak

b.      Site Plan Tanjung Bunga Kota Makassar

c.       Perencanaan Tapak Perumahaan

d.      Perencanaan Tapak Perkotaan dalam bentuk masterplan kota

3 komentar: