September 27, 2011

Ramalan Penduduk Papua

Akhirnya saya menulis lagi....^_^
Kalo dilihat dari judul mungkin pembaca bakalan mikir kalo isi tulisan blog kali ini sejenis ramalan mengenai nasib penduduk papua di masa yang akan datang seperti ramalan para peramal-peramal terkenal, tapi nggak kok tulisan ini berisi prediksi perkembangan jumlah penduduk kota papua yang akan membludak pada tahun 2015 hingga 2025.
Ramalan ini berdasarkan hitungan teoritis yang dilakukan oleh kami, awalnya hanya untuk memenuhi tugas seorang dosen tapi kemudian hitungan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya khususnya yang pernah tinggal di Papua. 
Berdasarkan hasil perhitungan perkembangan jumlah penduduk Pulau Papua hingga tahun 2025 yang cukup besar sebagai contoh pada Kota Jayapura akan mencapai jumlah penduduk hingga 289.643 jiwa, angka yang jika ditinjau berdasarkan hirarki kependudukan telah berada pada kategori Kota Sedang sehingga perencanaan tata ruang wilayah kota pada Pulau Papua (Kota Jayapura Khususnya) telah menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Jangan lagi ada anggapan bahwa keberadaan kawasan timur akan berkembang dengan sangat lambat hanya dengan alasan aksesiblitas, karena pada kenyataannya perkembangan suatu kota baik itu skala kecil maupun metropolitan akan mengalami perkembangan drastis yang sangat dipengaruhi oleh semua komponen kota terutama penduduknya.
Semoga saja, hal ini ditanggapi serius oleh pemerintah pusat maupun daerah guna memberikan pembangunan tata ruang kota yang sehat dan ramah lingkungan untuk tanah Papua dan masyarakat Papua kedepannya.


Download disini (Data Proyeksi Penduduk Jayapura)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar