Agustus 31, 2012

SERBA-SERBI KKN




Part 3

 Jika sebelumnya saya bercerita tentang lokasi KKN dan suka-duka KKN, maka kali ini cerita serba-serbi KKN terkait suasana ramadhan posko KKN. wah gimana ya?? Pasti campur-campur rasanya.
Hal yang paling seru adalah sore hari sebelum sahur pertama dimulai. Mengapa?? Karena pada saat ini para peserta KKN (terutama para cowok) dengan semangat ’45 akan membuat daftar menu yang mereka inginkan untuk disantap saat sahur dan mereka pun tak segan-segan untuk turun langsung ke pasar untuk memenuhi semua kebutuhan untuk persiapan sahur. Sayangnya sebagian besar keterlibatan para kaum lelaki ini hanya sampai disitu, karena pada dasarnya ketika tiba waktu memasak untuk sahur maka merekalah orang pertama yang akan angkat dari dapur dan dengan manisnya menunggu di kamar hingga makanan semua siap. Meskipun kadang-kadang kalau lagi kumat rajinnya mereka juga akan ikut masak di dapur.
Hal yang juga akan sangat berbekas yaitu kegaduhan saat sahur, mengingat space dapur yang hanya 2 x 2 m dan dikeroyok oleh 5 wanita sekaligus tidaklah heran jika kemudian ada omongan tetangga yang mengatakan anak-anak KKN adalah pembuat gaduh tiap kali waktu sahur (haha…) itu baru komentar tetangga kanan-kiri belum komentar tuan rumah yang tinggal tepat dibawah lantai dapur kita…(hehe…maaf ya bu).
Berbicara tentang sahur tentu pasti akan berbicara juga tentang waktu berbuka, hanya saja konten dan suasananya lebih gaduh lagi. Jika sebelumnya dapur hanya dikeroyok oleh 5 orang maka kali ini bertambah menjadi 9 orang. Entah itu sebagai pekerja aktif, pekerja aktif, komentator ataupun tester yang jelas dapur adalah ruang keluarga terfavorit anggota selama bulan puasa di posko KKN. entah itu saat sahur, siang hari, waktu berbuka hingga makan malam.
Berbagai tabiat dari setiap orang pun terbaca, seperti sangat bersemangat sahur hingga selalu sahur diawal, ada pula yang sahur selalu 5 menit sebelum imsak, ada yang sulit sekali di bangunkan ketika sahur, ada yang rajin sekali selama bulan ramadhan, ada pula yang sangat..sangat malas ketika sedang berpuasa….berbagai perilaku unik dan aneh pun keluar.
Tak jarang juga penyakit homesick dengan suasana ramadhan dirumah kerap menjangkiti peserta KKN. Tetapi itulah awal dan proses keluarga kecil ini, berusaha untuk saling melengkapi satu sama lain layaknya sebuah keluarga utuh. Keluarga yang hanya bertahan 2 bulan disebabkan tuntutan studi. Keluarga yang mencoba untuk saling mengikat antar hati setiap anggotanya. Ya…sesingkat itulah keluarga kecil ini tapi akan terus membekas hingga hembusan terakhir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar