Agustus 08, 2012

SERBA-SERBI KKN


Part 2

 Berbicara tentang kkn pasti paling seru jika mengingat tentang suka dan duka yang terjadi di posko kkn. Entah itu suka berupa candaan antar teman-teman seposko, tingkah laku konyol yang dibawa dari kota hingga ke desa, kesalahan-kesalahan kecil hingga pada hal yang sebenarnya menjadi aib pribadi (Dengkuran disaat tidur yang mengundang tawa). Untuk hal yang terakhir cukup memalukan jika terjadi di hari pertama tetapi menjadi hal yang lumrah ketika minggu pertama telah dilewati.:D
Kelucuan-kelucuan yang terjadi ketika beriteraksi dengan warga, kesalahpahaman akibat minimnya bahasa daerah lokasi KKN yang dikuasai sering menjadi joke yang selalu teringat dari pagi hingga malam hari di posko, layaknya sebuah music MP3 yang selalu direpeat demi mengundang tawa.
Jika ada suka pastilah ada duka, umumnya duka yang seringkali melanda para peserta kkn adalah penyakit homesick, townsick, mallsick, dan semua prasarana perkotaan lainnya yang tidak tersedia di desa. Kemanjaan pada orang tua, kesalahapahaman kecil antara teman seposko yang memercikan api-api permusuhan. Hal yang terakhir adalah hal yang paling sering terjadi pada posko-posko KKN. Masalah ini dapat dimaklumi mengingat setiap orang dari background yang berbeda kemudian dikumpulkan dibawah satu atap tentunya bukanlah sebuah hal yang mudah untuk berinteraksi dengan tetap menjaga toleransi.
Dan hal yang paling menjengkelkan jika terjadi percikan permusuhan di posko antara dua oknum pasti akan memberikan suasana yang benar-benar tidak nyaman bagi semua peserta kkn diposko tersebut. Why?? Ya, karena setiap dari peserta akan berusaha se-netral mungkin untuk tidak memperkeruh keadaan dengan tidak memihak siapapun. Tapi yang bahanya kalau justru muncul kubu ‘pro’ dan ‘kontra’, wah bisa dijamin umur tuh posko tinggal menghitung hari saja sebelum diusir (he..he..)
Meskipun begitu, itulah serba-serbi kkn pasti memiliki suka dan duka yang akan menjadi memory yang terus dikenang jika selesai kkn, justru tidak ada rasanya sama sekali jika kehidupan posko kkn terlalu datar, ibarat lagu tanpa reff. Apapun itu, sikapilah dengan santai dan sedewasa mungkin.^^

 


1 komentar: