April 04, 2012

PEMANASAN GLOBAL


R Penyebab Pemanasan Global

Apa sih Pemanasan Global itu?Pemanasan Global atau yang dikenal dengan bahasa kerennya Global Warming adalah suatu keadaan dimana terjadi kenaikan suhu rata-rata di bumi yang diakibatkan oleh aktivitas manusia baik secara langsung atau tidak langsung sehingga menyebabkan perubahan suhu di bumi kita ini.
  Naiknya suhu permukaan bumi itu dikarenakan adanya peningkatan gas rumah kaca di atmosfer,terutama yang di hasilkan dari kegiatan manusia yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil (minyak, gas dan batubara) seperti transformasi, eksploitasi hutan atau penebangan hutan secara berlebihan, serta kebakaran hutan.
      Pemanasan Global ini akan menyebabkan perubahan pada iklim yang pada akhirnya mengubah pola iklim dunia yang kemudian dikenal dengan perubahan iklim. Btw, sekedar info aja nih, sesuai \dengan konvensi PBB mengenai perubahan iklim, ada 6 jenis gas yang digolongkan sebagai gas rumah kaca, yaitu: Karbondioksida (CO2), dinitroksida (N2O), metana (CH4), sulfurheksafluorida (SF6), perfluorokarbon (PFCs) dan Hidrofluorokarbon.
  Setelah tahu Pemanasan Global or Global Warming itu apa, kira-kira apa ya dampaknya bagi lingkungan dan kehidupan kita? Simak sendiri aja deh.. ^_^
  
R  Dampak Pemanasan Global
  1. Peningkatan Permukaan Air Laut
Salah satu akibat dari pemanasan global adalah dapat mencairkan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Otomatis pencairan es ini akan menyebabkan naiknya permukaan air laut dan akan memperbesar resiko terjadi banjir..
Apalagi di negara-negara berkembang yang sangat tergantung pada industri pariwisatanya. Termasuk Indonesia juga lho.. salah satu daya tariknya adlah pantai-pantai pasir yang luas da bersih. Jadi, kalo boleh dikasih gambaran kasarnya nih, kalo terjadi peningkatan permukaan air laut setinggi 10 cm aja, itu sama aja dengan kehilangan 10 m pantai.

  1. Perubahan Keanekaragaman hayati
Sebagai contoh: ada jenis-jenis pohon tertentu yang sesuai untuk daerah curah hujan dan suhu savana. Kalo iklim berubah menjadi lebih panas dan lebih kering, pohon-pohon bakal kalah dibandingkan dengan semak rendah yang jarag, yang bisa hidup dalam iklim yang lebih keras. Sehingga, jenis pohon ini akan diganti oleh jenis lain yang lebih mampu memanfaatkan iklim baru.
  
  1. Penurunan Hasil Pertanian
Penurunan curah hujan so pasti akan menjadi bencana bagi petani miskin didaerah kering. Misalnya aja di Afrika, Brasil, Pakistan, India, n gak menutup kemungkinan di Indonesia juga.
  
R  Upaya-upaya Untuk Melestarikan Fungsi Bumi Kita.
Gimana sih caranya biar kita bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan fungsi bumi kita? Mmm...,sederhana aja kok. Kita sebagai remaja bisa melakukan beberapa iat berikut:
    1. Selalu sediakan tempat sampah, n berusaha untuk tidak membuang samapah sembarangan.
    2. Berjalan kaki kayaknya lebih sehat deh.. ^_^
    3. Lakukan hemat energi. Padamkan lampu, matikan TV dan radio bila tidak diperlukan.
    4. Kalo ngerasa capek untuk jalan kaki, gak ada salahnya juga mencoba menggunakan sepeda..
    5. Gunakan lampu hemat energi di rumah or di kantor
    6. Konsumsilah makanan organik
    7. Gunakan tissue jika sangat dibutuhkan. Coz, tissue dibuat dari kayu.
    8. Kalo pengen pergi belanja, gak ada salahnya bawa tas sendiri dari rumah.
    9. Belilah produk dengan sedikit kemasan.
    10. Gunakanlah energi yang terbarukan.
    11. Belilah barang yang berlogo RECYCLE.
    12. Gunakan transportasi umum, jika emang harus pake mobil pribadi, gunakan kendaraan secara gabungan untuk mengurangi kemacetan/sumber pencemaran.
    13. Tanamilah halaman rumah dan sekolah kamu dengan pohon dan bunga.
    14. Pilihlah batery yang dapat di Ricycle kembali.
    15. Jangan memakai barang-barang yang hanya sekali pakai doang..
    16. Kurangi mengkonsumsi makanan olahan.
    17. Gunakan kulkas non CFC, coz hal ini dapat mengurangi konsumsi energi hingga 25% lho..
    18. Gunakan tanaman untuk membuat atau memperindah pagar rumah anda.
    19. Desainlah rumah dan gedung dengan sirkulasi yang baik.\
    20. Jangan membakar sampah. Coz, asap yang dihasilkan dari sampah-sampah non organik sama aja dengan asap kendaraan yang dapat menyebabkan efek rumah kaca.
    21. Lakukan prinsip 3R (Mengurangi, menggunakan kembali dan daur ulang) dalam mengelola sampah di rumah dan sekolah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar