April 04, 2012

VISI n MISI PEMBANGUNAN NASIONAL



   Visi Pembangunan Nasional
Terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, & sejahtera dalam wadah negara RI

  Misi Pembangunan Nasional

1.      Pengamalan Pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.      Penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.      Peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kualitas keimanan & ketakwaan terhadap Tuhan YME dalam kehidupan persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun, dan damai.
4.      Penjaminan kondisi aman, damai, tertib, dan tenteram.
5.      Perwujudan sistem hukum nasional yang menjamin tegaknya supermasi hukum dan hak asasi manusia berdasarkan keadilan dan kebenaran.
6.      Perwujudan kehidupan sosial budaya yang berkepribadian, dinamis, kreatif dan berdaya tahan terhadap globalisasi.
7.      Pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional, terutama pengusaha kecil, menengah, & koperasi dengan mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan, sumber daya alam, sumber daya menusia yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing dan berwawasan lingkungan.
8.      Perwujudan ekonomi daerah dalam rangka pembangunan daerah dan pemerataan pertumbuhan dalam wadah NKRI.
9.      Perwujudan kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup yang layak dan martabat serta perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar yaitu pangan, sandang, papan, keseharian, pendidikan dan lapangan kerja.
10.  Perwujudan aparatur negara yang berfungsi melayani masyarakat, profesional, berdaya guna, produktif, transparan, yang bebas dari KKN.
11.  Perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggung jawab, berketerampilan, serta menguasai ilmu dan teknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.
12.  Perwujudan politik luar negeri yang berdaulat, bermanfaat, bebas, dan proaktif bagi kepentingan nasional dalam menghadapi perkembangan global.
     

     
sumber: UU R1 ttg Pembangunan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar